TETY SARFIANI

WISATA ALAM DI PULAU WANGI – WANGI


PANTAI MOLI’I SAHATU


Pantai Moli’i Sahatu merupakan salah satu pantai yang indah di Kabupaten Wakatobi. Disebut Molii Sahatu, berasal dari kata Molii dalam bahasa daerah setempat berarti  mata air, sedang Sahatu berarti seratus. Pantai ini mempunyai keunikan, yakni terdapat ± seratus mata air yang muncul dari dasar laut, meskipun keluar dari dasar laut, namun airnya, tetap terasa tawar.

Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih, yang bersih. Selain itu, terdapat beberapa tumbuhan seperti tanaman kelapa (Scaevola.sp).
Pantai Moli’i Sahatu terletak di Desa Patuno Kecamatan Wangi-Wangi, dengan jarak tempuh ± 10 Km dari pusat kota. Untuk menuju ke Pantai ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.


PANTAI SOUSU


Pantai Sousu merupakan salah satu pantai yang indah di Kabupaten Wakatobi. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Dari Pantai ini dapat menyaksikan pemandangan Pulau Matahora. Selain itu juga wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkeling dan diving, berenang, untuk menikmati panorama bawah laut yang indah.
Pantai ini terletak di Desa Matahora Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, berjarak ± 15 Km dari Pusat Ibu Kota. Untuk menuju ke Pantai ini dapat menggunakan kenderaan roda dua maupun roda empat.


PANTAI WAHA


Pantai Waha memiliki pesona yang menarik, karena terbentang luas hamparan pasir putih, airnya jernih dan bersih. Seperti kebanyakan pantai lainnya, di pantai ini juga tumbuh pepohonan pantai seperti Cemara, Kelapa dan tumbuhan pantai lainnya, yang makin menambah keindahan dan kesejukannya, pantai ini oleh masyarakat Wakatobi lebih dikenal dengan sebutan “Pantai Cemara”
Pantai Waha memiliki pemandangan bawah laut yang menarik, sehingga wisatawan dapat melakukan aktivitas snorkling dan diving. Para wisatawan juga dapat menikamti sunset di Pantai ini.
Pantai ini terletak di Desa Waha,  Kecamatan Wangi-Wangi, berjarak ± 7Km dari Pusat Ibu Kota. Untuk menuju ke Pantai ini dapat menggunakan kenderaan roda dua maupun roda empat.


TELAGA GUA


Di Pulau Wangi-Wangi memiliki beberapa telaga gua, yang kondisi airnya jernih dan bersih. Adapun telaga gua tersebut antara lain : Telaga Gua Topa yang berada di Kelurahan Mandati, Telaga Gua Kontamale di Kelurahan Wanci, Telaga Gua Tee Kosapi di Kelurahan Wanci. Semua telaga ini berada di pusat kota.


GUA KELELAWAR


Goa Kelelawar terletak di Pulau Kapota. Untuk sampai ke Gua ini, wisatawan dapat menggunakan perahu tradisional sekitar ± 20 menit dari Pulau Wangi-Wangi, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki ± 20 menit ataupun  dengan menaiki kendaraan roda dua ± 5 menit dari pemukiman penduduk.
Kondisi Gua ini cukup besar dan menarik, dimana terdapat stalagmit dan stalaktik yang beragam. Tidak jauh dari gua ini terdapat Pohon Kelapa Bercabang dan beberapa hutan bambu yang rindang. Sehingga sangat menarik untuk berkunjung kesana, dan merupakan salah satu objek wisata bagi pecinta hiking.

Categories:

Leave a Reply